ISDS KE BPOM DI JAMBI

Kami melaksanakan kunjungan yang sangat berkesan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jambi, di mana kami tidak hanya menjalin silaturahmi, tetapi juga memperkenalkan ISMAFARSI kepada pihak BPOM. Kami memaparkan keberadaan ISMAFARSI sebagai organisasi mahasiswa farmasi tingkat nasional dan memperkenalkan perguruan tinggi di jambi yang tergabung sebagai anggota ISMAFARSI terkhususnya ISMAFARSI wilayah sumatera II. Momen ini menjadi kesempatan untuk membangun hubungan yang lebih erat antara BPOM dan mahasiswa farmasi. Dalam pertemuan tersebut, kami juga memaparkan beberapa kegiatan dan program kerja yang akan kami laksanakan selama kepengurusan periode 2022-2024. Hal ini bertujuan untuk melibatkan BPOM Jambi dalam kegiatan yang diadakan oleh ismafarsi wilayah Sumatera II.

             Seiring berjalannya diskusi, kami mengarahkan perbincangan pada isu kefarmasian mengenai cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) pada sirup sediaan farmasi. BPOM Jambi memberikan pemahaman mendalam tentang langkah-langkah pengujian, dan penanganan apabila terdeteksi cemaran EG dan DEG pada sirup sediaan farmasi serta memberikan wawasan bagi mahasiswa farmasi. Pihak BPOM juga memaparkan beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh BPOM Jambi yang melibatkan mahasiswa seperti program duta kosmetik, magang den beberapa kegiatan lainnya. Program ini tidak hanya memberikan wawasan kepada mahasiswa tetapi juga pengalaman dalam bidang farmasi.

          Pihak BPOM jambi juga menjelaskan mengenai alur permohonan untuk mengajak BPOM jambi berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan oleh ismafarsi wilayah Sumatera II. Salah satu kegiatan yang telah terealisasi dalam permohonan ke pihak BPOM yaitu dilaksanakan nya kunjungan labor ke BPOM jambi dari Stikes Harapan Ibu Jambi melalui pihak ismafarsi sebagai fasilitator ke pihak stakeholder. Kunjunan stikes HI ke BPOM memaparkan terkait pengenalan BPOM, pengenalan laboratorium yang ada di BPOM, dan visit langsung ke laboratorium.