Regional Pharmaceutical Leadership Forum (RPLF) dan Pekan Ilmiah Wilayah (PIMWIL) ISMAFARSI Wilayah Sumatera II 2023

Senin, 10 Juli 2023 kegiatan tahunan Regional Pharmaceutical Leadership Forum (RPLF) dilaksanakan di Hotel Pusako Bukittinggi, Sumatera Barat. Ada beberapa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu registrasi delegasi yang merupakan salah satu syarat untuk mengikuti kegiatan yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan dengan tari persembahan khas daerah Minangkabau untuk membuka awal kegiatan. Kegiatan selanjutnya merupakan salah satu kegiatan yang tak kalah pentingnya yaitu penyampaian materi dari berbagai Narasumber untuk menyampaikan beberapa materi-materi yang sangat penting bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan lainnya yang dilaksanakan yaitu simulasi aksi yang mana mahasiswa akan mendemonstrasikan bagaimana cara melakukan aksi demo yang dilakukan diluar hotel, selain simulasi aksi kegiatan yang dilaksanakan diluar hotel ada juga kegiatan outbound yang mana mahasiswa akan memainkan beberapa game secara berkelompok atau per tim yang tentunya memerlukan kerja sama dan kekompakan yang kuat didalam satu tim untuk memenangkan game tersebut. Selain itu bagian dari kegiatan RPLF yang tak kalah menarik adalah kunjungan ke berbagai tempat wisata yang berada di Bukittinggi seperti jam Gadang yang merupakan salah satu tempat yang menjadi ikon dari kota Bukit Tinggi.

Kegiatan Regional Pharmaceutical Leadership Forum (RPLF) diadakan dengan 2 jilid yaitu pada jilid 1 yang telah dilaksanakan di Kota Bukittinggi dan pada jilid 2 akan segera dilaksanakan di Kota Riau.

Selain melaksanakan kegiatan Regional Pharmaceutical Leadership Forum (RPLF) pada kesempatan ini juga dilaksanakannya kegiatan PIMWIL (Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Wilayah Sumatera II) yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 11-13 Juli 2023 bertepatan di Universitas Fort De Kock. Kegiatan PIMWIL merupakan kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu pekan yaitu dua tahun sekali dimana kegiatan ini dapat dijadikan wadah bagi mahasiswa farmasi di wilayah Sumatera II dalam hal peningkatan mutu, skill serta kualitas agar mampu menghadapi dunia kerja dan menyelesaikan permasalahan kesehatan khususnya dibidang kefarmasian dan keprofesian. Ada beberapa jenis lomba yang diperlombakan diantaranya Debat Kefarmasian, LCC Kefarmasian, PCE (Patient Conseling Event), CSE (Clinical Skill Event) serta Poster Keilmiahan. Ada 5 LEM yang berkontribusi dalam kegiatan PIMWIL ini yaitu :
Debat Kefarmasian : Universitas Fort De Kock, Stifarm Padang
LCC Kefarmasian : Universitas Fort De Kock, Stifarm Padang, Universitas Perintis Indonesia
PCE (Patient Conseling Event) : Universitas Fort De Kock, Stifarm Padang, STIKES HI Jambi
CSE (Clinical Skill Event) : Universitas Fort De Kock, Stifarm Padang, STIKES HI Jambi
Poster Keilmiahan : Universitas Fort De Kock, Stifarm Padang, Universitas Perintis Indonesia, Universitas Sriwijaya, Universitas Jambi.

Kedatangan peserta serta opening PIMWIL berlangsung pada tanggal 11 Juli. Untuk kegiatan PIMWIL terkhususnya Poster Keilmiahan dilaksanakan secara online selebihnya dilaksanakan secara offline. Untuk perlombaan yang offline mulai dari babak penyisihan, semifinal dan final dilaksanakan pada tanggal 12 Juli. Kemudian Closing serta pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 13 Juli berbarengan dengan closing kegiatan RPLF Jilid I. Dipenghujung acara didapatkanlah beberapa pemenang lomba dan juara umum dalam kegiatan PIMWIL ini adapun sebagai berikut :

1. Debat Kefarmasian
Juara 1 : Stifarm Padang
Juara 2 : Universitas Fort De Kock

2. LCC Kefarmasian
Juara 1 : Stifarm Padang
Juara 2 : Universitas Perintis Indonesia
Juara 3 : Universitas Fort De Kock

3. PCE
Juara 1 : Stifarm Padang
Juara 2 : STIKES HI Jambi
Juara 3 : Stifarm Padang

4. CSE
Juara 1 : Stifarm Padang
Juara 2 : Stifarm Padang
Juara 3 : STIKES HI Jambi

5. Poster Keilmiahan
Juara 1 : Stifarm Padang
Juara 2 : Universitas Sriwijaya
Juara 3 : Universitas Fort De Koc

ISMAFARSI Sumatera II tentunya memiliki harapan besar agar semoga kedepannya semakin banyak LEM yang ikut berkontribusi pada event-event yang akan dilaksanakan oleh ISMAFARSI Wilayah Sumatera II berikutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *